Friday 11 November 2016

14 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Yang Wajib Kamu Ketahui

14 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi
 
Siapa lagi yang nggak tau dengan lalapan yang satu ini. Kemangi merupakan suatu lalapan yang tak lepas dari kehidupan masyarakat sekarang dan kemangipun banyak ditemukan ditempat makan berupa pecel lele, ayam penyet, sambel korek, dan yang berhubungan dengan sambel ulek lainnya. Maka dari itu jika kita diberi lalapan daun kemangi sebaiknya jangan hanya digunakan sebagai pengganti sabun untuk cuci tangan atau diletakkan dipinggir piring yang kita gunakan untuk makan, karena sebaiknya kita mengkonsumsi lalapan ini.

Berikut Kandungan gizi daun kemangi

Anggota dari keluarga daun mint ini telah digunakan sebagai tanaman obat. Ekstrak minyak daun kemangi dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Vitamin K – Harum kemangi yang segar, menawarkan dosis yang sehat dari pembekuan darah dengan adanya vitamin K. Setiap 2 sendok makan kemangi cincang segar menyediakan 27% dari rekomendasi vitamin K, serta vitamin A, mangan, dan magnesium.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Padahal sebenarnya mengkonsumsi daun kemangi memberikan banyak khasiat yang terdapat dalam nutrisinya seperti berikut :

1. Daun kemangi mengandung banyak flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diuji di vitro laboratorium untuk kemungkinan perlindungan anti oksidan melawan lipid radiasi oksidasi dalam hati tikus.

2. Daun kemangi memiliki beberapa manfaat kesehatan sebagai minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.

3. Daunnya ini merupakan bagian tumbuhan yang sangat rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, tetapi sumber yang sangat kaya banyak nutrisi penting, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal.

4. Ramuan daun kemangi juga mengandung zat penting yang sangat tinggi kadarnya, seperti beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin. Senyawa ini membantu tubuh untuk bertindak melindungi terhadap radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.

5. Zea xanthin adalah senyawa karotenoid flavonoid kuning, yang secara selektif diserap ke dalam retina makula lutea yang ditemukan untuk menyaring sinar UV yang berbahaya memasuki retina. Studi menunjukkan bahwa tanaman herbal dalam manfaat sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan zea xanthin, akan membantu melindungi dari penyakit yang berkaitan dengan usia makula (AMRD), terutama pada orang tua.

6. Setiap 100 g manfaat daun kemangi segar mengandung 5.275 mg atau sekitar 175% dari dosis harian dalam vitamin A. Manfaat vitamin Adikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit. Konsumsi makanan alami yang kaya akan vitamin A, telah ditemukan untuk membantu tubuh melindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

7. Ramuan daun kemangi mengandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.

8. Daun kemangi merupakan sumber yang sangat baik dari zat besi, yakni sekitar 3.17 mg / 100 g daun segar (sekitar 26% dari RDA). Zat besi, menjadi komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah, yang menentukan kapasitas pembawa oksigen dalam darah.

9. Vitamin K dalam kemangi sangat penting untuk banyak faktor dalam darah dan memainkan peran penting dalam fungsi tulang, termasuk penguatan tulang dengan membantu proses mineralisasi pada tulang.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kulit dan Rambut

Daun kemangi yang dimakan mentah atau digunakan sebagai pasta, daun kemangi menawarkan berbagai manfaat bagi kulit. Selain itu, daun kemangi bermanfaat untuk rambut dan dapat membantu untuk menyingkirkan sejumlah masalah rambut. Berikut ini beberapa manfaat daun kemangi untuk kulit dan rambut  :

10. Pencegahan Jerawat
Manfaat daun kemangi mencegah timbulnya jerawat karena mereka memurnikan darah dengan membuang racun. Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat diterapkan sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan.sponsored links

11. Pencegahan Komedo
Daun kemangi juga mencegah munculnya komedo. Daun kemangi pada sisi bagian atas ditempatkan di setiap sisi hidung  selama 5 menit. Setelah itu, dilepas dan cuci muka.

12. Pengobatan Infeksi Kulit
Karena sifatnya yang anti bakteri, anti biotik dan anti jamur properti sehingga daun kemangi dapat membatasi pertumbuhan bakteri seperti E coli dan B anthracis yang menyebabkan infeksi kulit. Pengobatan yang disiapkan dengan menggiling dan merebus 200-250 gram daun kemangi dengan kuantitas yang sama dari minyak biji wijen dapat diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat diterapkan pada kulit untuk mengobati kurap.

13. Mencegah Rambut Beruban
Untuk tujuan ini, rendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalam dan cuci rambut dengan ramuan ini keesokan harinya. Hal ini untuk mencegah beruban rambut serta rambut rontok.

14. Pencegahan Rambut Rontok
Rambut rontok adalah masalah umum yang yang dapat terjadi karena gatal kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

Pemilihan dan penyimpanan Daun Kemangi

Tanaman kemangi dapat tumbuh sebagai tanaman dalam pot di halaman belakang sehingga daun dan bunganya segar dapat segera dipanen untuk digunakan. Memilih daun kemangi segar organik atau bentuk daun namun daun segar selalu lebih unggul dalam kualitas dan rasa. Daun kemangi harus memiliki daun hijau tua dan bebas dari bintik-bintik gelap atau menguning. Namun radiasi matahari membuat daun kemangi kering dan secara signifikan menurunkan kadar vitamin C dan karoten.

Daun kemangi segar harus segera disimpan dalam lemari es dan ditempatkan pada kelembaban yang tepat. Kemangi kering harus disimpan dalam wadah kaca tertutup rapat di tempat yang dingin, gelap dan kering di mana ia akan tetap segar selama enam bulan.

No comments:

Post a Comment