Wednesday 9 November 2016

10 Manfaat Terong Untuk Kesehatan


Buah Terong

Siapa sangka buah ya terbungkus oleh kulit berwarna ungu tua ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari, bahkan untuk penyakit yang mematikan sekalipun. Walaupun banyak dari kita yang kurang menyukai buah ini alangkah baiknya bagi kita untuk mengkonsumsi buah terong ini, karena berdasarkan dari banyaknya penelitian buah terong ini dapat menurunkan risiko dari berbagai kondisi kesehatan. Berikut kami ulas 10 manfaat Terong untuk kesehatan kita:

1. Menyehatkan jantung
Kandungannya yang penuh serat, vitamin B1, B3, B6, C, K, dan fitonutrinen, membuat terong dapat menurunkan masalah kardiovaskular.


2. Melawan kanker
Polifenol di dalamnya dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat mencegah perkembangan tumor dan menghentikan penyebaran sel kanker. Senyawa lain seperti anthocyanin dan asam klorogenat dalam terung juga mengandung antioksidan dan efek anti peradangan pada tubuh. Selain itu, asam klorogenat juga dapat mempromosikan produksi enzim pembersih di dalam sel-sel tubuh, yang dapat membuat sel kanker mati dan menangkal banyak penyakit virus.

3. Menurunkan kolesterol jahat
Memanggang terong pada 400 derajat selsius, dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Namun jika digoreng, maka terung tidak akan memberi manfaat karena menyerap lemak dari minyak goreng.

4. Meningkatkan fungsi otak
Fitonutrien dalam terung telah dikenal dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan memberikan manfaat kesehatan mental secara keseluruhan.

5. Darah yang lebih baik
Vitamin K dan bioflavanoidnya yang tinggi, dapat mencegah pembekuan darah dan memperkuat pembuluh darah, jika Anda mengonsumsi terong secara rutin.

6. Memperlancar pencernaan
Karena terung hanya mengandung sedikit lemak dan kolesterol, sayuran berserat ini dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Seratnya, memungkinkan tubuh dapat secara mudah memproses makanan dan mendukung penyerapan nutrisi.

7. Membantu penderita anemia
Mereka yang menderita anemia akibat kekurangan zat besi, dapat melawan gejalanya dengan memasukkan terung dalam makanannya. Karena, daging terung memiliki banyak mineral penting termasuk zat besi dan tembaga yang membantu meningkatkan kesehatan sel-sel darah merah Anda.

8. Mengontrol diabetes
Seratnya yang tinggi dan rendahnya karbohidrat yang larut, membuat terong sangat ideal untuk dimasukkan dalam makanan jika Anda ingin mengontrol glukosa darah dan insulin dalam tubuh.

9. Kehamilan yang sehat
Asam folat sangat penting jika Anda sedang hamil, karena zat ini melindungi bayi dari kecacatan selama dalam kandungan dan melindungi perkembangan otaknya.

10. Kesehatan tulang
Terong mengandung sejumlah besar tembaga, vitamin K, dan fenol yang membantu mencegah osteoporosis, meningkatkan kepadatan mineral tulang, meningkatkan kekuatan tulang, serta kesehatannya secara menyeluruh. Namun jangan konsumsi secara berlebihan.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment